Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat dan Cara Penggunaan Hidrokortison serta Efek Sampinya

Gambar Obat Hidrokortison Krim

Apa itu Hidrokortison?

Hidrokortison krim adalah obat yang digunakan untuk mengurangi gatal, kemerahan, dan bengkak yang terkait dengan kondisi kulit banyak. Krim hidrokortison adalah kortikosteroid topikal. Ia bekerja dengan mengurangi peradangan kulit (kemerahan, bengkak, gatal, dan iritasi).

JANGAN menggunakan krim hidrokortison jika:
Anda alergi untuk setiap bahan dalam krim hidrokortison. Hubungi dokter atau penyedia perawatan kesehatan Anda segera jika salah satu berlaku untuk Anda.

Cara Penggunaan Hidrokortison

Berikut ini panduan cara penggunaan dosis obat Hidrokortison:

  1. Oleskan sedikit obat ke daerah yang terkena. Lembut gosok di sampai merata. Cuci tangan Anda setelah menerapkan krim hidrokortison, kecuali tangan Anda adalah bagian dari daerah yang dirawat.
  2. Jangan perban atau membungkus daerah yang terkena kecuali diperintahkan oleh dokter Anda.
  3. Jangan gunakan krim hidrokortison pada wajah Anda, pangkal paha, atau ketiak kecuali dokter Anda memberitahu Anda sebaliknya.
  4. Jika Anda melewatkan dosis krim hidrokortison, menerapkannya sesegera mungkin. Jika hampir waktu untuk dosis berikutnya, lewati dosis yang tidak terjawab dan kembali ke jadwal rutin Anda. Jangan menggunakan 2 dosis sekaligus.
  5. Tanyakan dokter Anda setiap pertanyaan yang Anda miliki tentang bagaimana menggunakan krim hidrokortison.

Efek samping Hidrokortison

Berikut ini adalah efek samping yang mungkin ditimbulkan akibat penggunaan krim hidrokartison:
Semua obat dapat menyebabkan efek samping, tetapi banyak orang tidak memiliki, atau kecil, efek samping. Periksa dengan dokter Anda jika salah satu efek samping yang paling UMUM menetap atau menjadi mengganggu: Terbakar, kekeringan, gatal, atau iritasi kulit ringan.

Cari bantuan medis segera jika salah satu efek samping BERAT terjadi:
Reaksi parah alergi (ruam, gatal-gatal, gatal, kesulitan bernafas, sesak di dada, pembengkakan mulut, wajah, bibir, atau lidah); jerawat seperti ruam; pertumbuhan rambut yang berlebihan; folikel rambut meradang; peradangan di sekitar mulut; gatal, terbakar, nyeri, kemerahan, atau bengkak pada kulit tidak hadir sebelum menggunakan krim hidrokortison; kelemahan otot; gejala gula darah tinggi (misalnya, peningkatan rasa haus, lapar, atau buang air kecil, kebingungan, mengantuk yang tidak biasa, pembilasan, napas cepat); menipis, pelunakan, atau perubahan warna kulit; berat badan yang tidak biasa, terutama di wajah.

Demikianlah manfaat dan cara penggunaan obat hidrokartison krim serta efek samping yang mungkin ditimbulkan. Semoga bermanfaat.

1 komentar untuk "Manfaat dan Cara Penggunaan Hidrokortison serta Efek Sampinya"